Kuisioner Pindah Gereja

Kuisioner yang membantu dalam pertimbangan pindah gereja.

Sangat amat penting sekali untuk dipertimbangkan dengan sangat amat serius dan tulus mendoakan pertimbangan anda agar Tuhan memimpin dalam pertimbangan anda.

Hal ini teramat penting, jauh jauh lebih penting daripada pindah rumah atau pindah kerja. Bahkan pertimbangan anda pindah rumah atau pindah kerja pun seharusnya ditentukan dari jawaban apakah pindah gereja bisa memberikan dampak yang lebih baik secara rohani kepada keluarga anda.

Hal ini tidak boleh ditentukan secara gegabah dan terburu-buru dalam hitungan hari. Paling tidak gunakan waktu beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan dengan tulus berdoa meminta pimpinan Tuhan dan dipikirkan dengan sangat amat serius karena hal ini sangat menentukan kehidupan rohani anda sekeluarga.

Jika ternyata pindah gereja mengganggu kehidupan rohani anda maka sangatlah masuk akal misalnya membatalkan rencana pindah kerja atau pindah rumah.

Beberapa hal yang sama sekali tidak boleh masuk dalam pertimbangan untuk pindah gereja adalah hal-hal duniawi kedagingan seperti besar kecil gedung gereja, banyak sedikit jumlah jemaat, ac, kursi, teman, kolega, dsb.

Jangan menjadikan kuisioner ini sebagai indikator mutlak dalam pengambilan keputusan anda. Terus doakan dan minta pimpinan Tuhan.

Juga penting diingat selalu tugas utama gereja adalah melaksanakan pekerjaan Tuhan di dunia. Hitung berapa kali Tuhan terus mengingatkan dalam surat kepada ketujuh jemaat mengenai pekerjaan secara jemaat! (Wahyu 2:2,19,26, 3:1,2,8,15)

Ibarat klub sepak bola, jika klub mogok tanding, mungkin waktu yang baik untuk pindah klub.

Berikut urutan nilai kepentingan hal yang perlu dipertimbangkan, semakin besar nilai, semakin penting untuk dipertimbangkan:

  1. Gereja lebih dekat rumah.
    Nilai 1 jika gereja lebih dekat, 0 jika sama dekat, -1 jika lebih jauh.
  2. Jemaat lebih giat dalam persekutuan jemaat, satu tubuh, seia sekata, sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan.
    Nilai 2 jika lebih, 0 jika sama, -2 jika kurang
  3. Jemaat yang lebih giat melakukan pekerjaan Tuhan secara jemaat (pengutusan, penginjilan, cetak traktat, seminar, dsb) Yoh 14:12.
    Nilai 3 jika lebih giat, 0 jika sama, -3 jika kurang giat.
  4. Gereja / jemaat yang lebih giat mempelajari Firman Tuhan (sekolah minggu, pendalaman Alkitab, dsb.) untuk pertumbuhan rohani jemaat. Roma 10:17, 1 Kor 3, Ibrani 5.
    Nilai 4 jika lebih giat, 0 jika sama, -4 jika kurang giat.
  5. Pengajaran / doktrin lebih benar, lebih alkitabiah.
    Nilai 5 jika lebih alkitabiah, 0 jika sama, -5 jika kurang alkitabiah
  6. Jemaat yang lebih taat melakukan Firman Tuhan.  Mat 28:20.
    Nilai 6 jika lebih taat, 0 jika sama, -6 jika kurang taat.

Sedikit penjelasan point diatas:

  1. Gereja lebih baik dekat rumah. Jika semua faktor lain yang lebih penting sudah sama (sama giat, sama benar, sama taat, dst) maka ini bisa menjadi salah satu faktor pertimbangan. Gereja lokal sebaiknya memang lebih dekat dengan rumah. Tetapi faktor-faktor dibawah ini perlu prioritas lebih tinggi dalam pertimbangan anda.
  2. Jemaat lebih giat dalam persekutuan jemaat, (dalam doa, kebaktian, dsb.) satu tubuh, seia sekata, sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan. Tentu saja, persekutuan yang benar adalah yang alkitabiah. Bukan persekutuan dalam kesalahan.
  3. Jemaat yang lebih giat melakukan pekerjaan Tuhan (penginjilan, cetak traktat, seminar, dsb)  secara jemaat. Yoh 14:12. Terlebih, jaman sosmed saat ini cukup mudah dengan klik forward/share anda bisa membagikan traktat bahkan traktat interaktif dalam bentuk slide, animasi, video, dsb. tetapi teliti dan perhatikan kebenaran doktrinal sebelum anda forward/share.
  4. Gereja / jemaat yang lebih giat mempelajari Firman Tuhan (sekolah minggu, pendalaman Alkitab, dsb.) untuk pertumbuhan rohani jemaat. Roma 10:17, 1 Kor 3, Ibrani 5. Agar jemaat bertumbuh secara rohani.
  5. Pengajaran / doktrin lebih benar, lebih alkitabiah. Bukan dicocok-cocokkan dengan sepenggal-sepenggal ayat saja. Pengajaran gereja harus masuk akal dan sesuai dengan keseluruhan alkitab.
  6. Jemaat yang lebih taat melakukan Firman Tuhan. Mat 28:20. Ketaatan otomatis menuntut doktrin yang benar. Tanpa doktrin yang benar maka ketaatan menjadi kesalahan bahkan kesesatan.

Banyak orang berhenti dan cukup puas pada point ‘lebih alkitabiah’ saja. Banyak gereja baptis mengajarkan doktrin yang sama alkitabiah. Bahkan terkadang ada gereja Methodis atau Injili yang mengajarkan secara doktrin yang juga alkitabiah. Misalnya, ada gereja mengerti dan bahkan mengajarkan kalau baptis itu terjemahan yang benar adalah dicelup/diselamkan ( is.gd/Baptis ), tetapi hanya sekadar pengajaran saja dan dalam prakteknya ternyata tidak ditaati. Ataupun, tidak menggunakan musik hymne, atau gereja yang mengajarkan doktrin separasi tetapi gagal menerapkannya dengan benar dan konsisten, dst.

Disinilah pentingnya faktor ketaatan jemaat, bukan sekadar menjadi pendengar saja, tetapi giat mentaati dan melakukan setiap Firman Tuhan.  Mat 28:20.  Agar kita tidak seperti orang bodoh yang membangun diatas pasir. Mat 7:26.

Tentu saja anda bisa menambahkan beberapa faktor lain yang bisa anda pikirkan dalam kasus anda, dan bisa diselipkan antara nomor 1 sampai 4. Tetapi penting untuk memeriksa kembali apakah faktor pertimbangan yang anda sisipkan adalah untuk kebaikan rohani dan bukan hal kedagingan / duniawi.

Jumlahkan total nilai diatas, semakin besar total nilai yang didapat bisa menjadi petunjuk, mungkin memang sebaiknya anda pindah gereja. Jika total nilai kecil atau bahkan minus, sebaiknya anda tidak pindah gereja.

Ingat kembali, ini bukan indikator mutlak. Terus doakan kembali dan dipikirkan kembali dengan sangat serius sebelum membuat keputusan yang sangat penting ini.

Tuhan Berkati!

Refs:

 

Pendapat Anda:

Loading Disqus Comments ...
Loading Facebook Comments ...
Stats
%d blogger menyukai ini: