diterjemahkan dari: https://www.baptistdistinctives.org/resources/articles/regenerate-church-membership-in-peril/
William Roscoe Estep, BaptistWay Press 1997
Sekilas penulis:
Estep, dijuluki juga “pakarnya pakar”, adalah profesor sejarah di Southwestern Baptist Theological Seminary sejak 1954 bahkan setelah pensiun pada tahun 1990 pun masih tetap mengajar. Estep terutama fokus pada subyek sejarah Anabaptis, kebebasan beragama dan pekerjaan misi. Temannya, James Leo Garrett mengatakan dia adalah satu dari empat pakar Anabaptis di abad 20. Estep sudah menulis beberapa buku sejarah Gereja

Efesus 5:5. Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah.

Mengharapkan idealnya suatu jemaat yang terdiri dari orang-orang percaya terus muncul dalam pengakuan iman. Teolog baptis, pastor dan pemimpin lainnya sepanjang sejarah terus memegang teguh model suatu persekutuan jemaat yang sudah lahir baru. Ini adalah idealnya. Tetapi bagaimana kenyataannya?

Adakah bukti penurunan jumlah anggota yang lahir baru dalam jemaat?

Sejarahwan baptis terkemuka, William R. Estep mengatakan “Gereja Baptis di Amerika sedang dalam bahaya kehilangan keteguhan mereka menuntut jemaat yang lahir baru.”
Continue reading