Artikel Eksegesis Doktrin Kotbah Alkitabiah.org

Download Ebook Stream Audio Video Seminar Kotbah - youtube torrent mp3 mp4 pdf ogg ogv epub

Tag: jemaat

Kuisioner Pindah Gereja

Kuisioner yang membantu dalam pertimbangan pindah gereja.

Sangat amat penting sekali untuk dipertimbangkan dengan sangat amat serius dan tulus mendoakan pertimbangan anda agar Tuhan memimpin dalam pertimbangan anda.

Hal ini teramat penting, jauh jauh lebih penting daripada pindah rumah atau pindah kerja. Bahkan pertimbangan anda pindah rumah atau pindah kerja pun seharusnya ditentukan dari jawaban apakah pindah gereja bisa memberikan dampak yang lebih baik secara rohani kepada keluarga anda.

Hal ini tidak boleh ditentukan secara gegabah dan terburu-buru dalam hitungan hari. Paling tidak gunakan waktu beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan dengan tulus berdoa meminta pimpinan Tuhan dan dipikirkan dengan sangat amat serius karena hal ini sangat menentukan kehidupan rohani anda sekeluarga.

Jika ternyata pindah gereja mengganggu kehidupan rohani anda maka sangatlah masuk akal misalnya membatalkan rencana pindah kerja atau pindah rumah.

Beberapa hal yang sama sekali tidak boleh masuk dalam pertimbangan untuk pindah gereja adalah hal-hal duniawi kedagingan seperti besar kecil gedung gereja, banyak sedikit jumlah jemaat, ac, kursi, teman, kolega, dsb.

Jangan menjadikan kuisioner ini sebagai indikator mutlak dalam pengambilan keputusan anda. Terus doakan dan minta pimpinan Tuhan.

Juga penting diingat selalu tugas utama gereja adalah melaksanakan pekerjaan Tuhan di dunia. Hitung berapa kali Tuhan terus mengingatkan dalam surat kepada ketujuh jemaat mengenai pekerjaan secara jemaat! (Wahyu 2:2,19,26, 3:1,2,8,15)

Continue reading

Alasan yang benar untuk pindah gereja

Terjemahan dari tulisan Pastor Terry L. Coomer

When Is It Right To Leave A Church?

Saya akan katakan sejak awal artikel ini bahwa ini adalah subyek yang sensitif. Bagaimanapun, saya ingin sampaikan pokok masalah karena kami mendapat kontak dari banyak orang yang bergumul dengan masalah dalam gereja lokal mereka. Dalam banyak hal permasalahan yang mereka pergumulkan mempengaruhi rumah tangga, pernikahan dan kerohanian anak-anak.
Saya sudah menjadi pastor lebih dari 30 tahun dan di lebih dari satu gereja. Karena pelayanan dalam “For The Love Of The Family” saya mempunyai kesempatan memberikan konseling pada banyak pastor dan keluarga mereka yang dan keluarga merek dan banyak yang dihancurkan dalam gereja lokal.

Saya juga memberikan konseling pada keluarga yang mempunyai keluarga yang dihancurkan oleh dosa dalam kepemimpinan di gereja lokal. Jadi saya melihat ini adalah masalah yang sangat sensitif. Kita tidak tinggal di dunia yang sempurna; bahkan kita tinggal dalam dunia dosa. Segala makhluk sama-sama mengeluh, Rom 8:22.

Continue reading

Sejarah Bagaimana Penginjilan Terkorupsi dalam Jemaat Baptis

terjemahan dari https://www.wayoflife.org/reports/the-history-of-how-evangelism-was-corrupted.php

Berikut adalah rangkuman dari buku The Discipling Church: The Church That Will Stand Until Christ Comes (Gereja Pemuridan: Gereja yang tetap berdiri hingga Kristus datang). Lihat penjelasan pada bagian akhir.

Pada awal tahun 1970, Gereja Baptis Independen pada umumnya secara rohani lebih kuat daripada harini (walaupun tidak pernah cukup kuat, pada perkiraan kami), dan salah satu alasan adalah mereka lebih berhati-hati dalam keselamatan.

Pertimbangkan beberapa contoh utama berikut:

John R. Rice 1940 – Bertobat secara harfiah berarti perubahan pikiran atau rohani terhadap Tuhan dan terhadap dosa. Ini berarti berpaling dari dosamu, dengan tulus, segenap hatimu dan berserah sepenuhnya kepada Yesus Kristus yang menyelamatkanmu (What Must I Do to Be Saved? 1940).

Baptist Bible Fellowship International, 1950 – Kami percaya bahwa Pertobatan dan Iman adalah kewajiban mutlak, dan juga kasih karunia tidak terpisahkan, ditanamkan dalam jiwa kita oleh Roh Allah yang menghidupkan; sehingga menyadarkan secara mendalam akan dosa, bahaya dan ketidakmampuan, dan jalan keselamatan oleh Kristus, kita berpaling kepada Allah dengan penyesalan tulus tak terukur, pengakuan dan permohonan pengampunan, pada saat yang sama menerima Tuhan Yesus Kristus sepenuh hati dan secara terbuka mengakui DIA sebagai satu-satunya Juruselamat sepenuhnya (Baptist Bible Fellowship, Articles of Faith, 1950).

Continue reading

Keanggotaan Jemaat Lahir Baru dalam Bahaya!

diterjemahkan dari: https://www.baptistdistinctives.org/resources/articles/regenerate-church-membership-in-peril/
https://www.baptistdistinctives.org/wpassets/article10_5_16_05.pdf

William Roscoe Estep, BaptistWay Press 1997
Sekilas penulis:
Estep, dijuluki juga “pakarnya pakar”, adalah profesor sejarah di Southwestern Baptist Theological Seminary sejak 1954 bahkan setelah pensiun pada tahun 1990 pun masih tetap mengajar. Estep terutama fokus pada subyek sejarah Anabaptis, kebebasan beragama dan pekerjaan misi. Temannya, James Leo Garrett mengatakan dia adalah satu dari empat pakar Anabaptis di abad 20. Estep sudah menulis beberapa buku sejarah Gereja

Efesus 5:5. Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah.

Mengharapkan idealnya suatu jemaat yang terdiri dari orang-orang percaya terus muncul dalam pengakuan iman. Teolog baptis, pastor dan pemimpin lainnya sepanjang sejarah terus memegang teguh model suatu persekutuan jemaat yang sudah lahir baru. Ini adalah idealnya. Tetapi bagaimana kenyataannya?

Adakah bukti penurunan jumlah anggota yang lahir baru dalam jemaat?

Sejarahwan baptis terkemuka, William R. Estep mengatakan “Gereja Baptis di Amerika sedang dalam bahaya kehilangan keteguhan mereka menuntut jemaat yang lahir baru.”
Continue reading

Stats