Artikel Eksegesis Doktrin Kotbah Alkitabiah.org

Download Ebook Stream Audio Video Seminar Kotbah - youtube torrent mp3 mp4 pdf ogg ogv epub

Author: alkitabiah.org (page 1 of 20)

Sejarah Bagaimana Penginjilan Terkorupsi dalam Jemaat Baptis

terjemahan dari https://www.wayoflife.org/reports/the-history-of-how-evangelism-was-corrupted.php

Berikut adalah rangkuman dari buku The Discipling Church: The Church That Will Stand Until Christ Comes (Gereja Pemuridan: Gereja yang tetap berdiri hingga Kristus datang). Lihat penjelasan pada bagian akhir.

Pada awal tahun 1970, Gereja Baptis Independen pada umumnya secara rohani lebih kuat daripada harini (walaupun tidak pernah cukup kuat, pada perkiraan kami), dan salah satu alasan adalah mereka lebih berhati-hati dalam keselamatan.

Pertimbangkan beberapa contoh utama berikut:

John R. Rice 1940 – Bertobat secara harfiah berarti perubahan pikiran atau rohani terhadap Tuhan dan terhadap dosa. Ini berarti berpaling dari dosamu, dengan tulus, segenap hatimu dan berserah sepenuhnya kepada Yesus Kristus yang menyelamatkanmu (What Must I Do to Be Saved? 1940).

Baptist Bible Fellowship International, 1950 – Kami percaya bahwa Pertobatan dan Iman adalah kewajiban mutlak, dan juga kasih karunia tidak terpisahkan, ditanamkan dalam jiwa kita oleh Roh Allah yang menghidupkan; sehingga menyadarkan secara mendalam akan dosa, bahaya dan ketidakmampuan, dan jalan keselamatan oleh Kristus, kita berpaling kepada Allah dengan penyesalan tulus tak terukur, pengakuan dan permohonan pengampunan, pada saat yang sama menerima Tuhan Yesus Kristus sepenuh hati dan secara terbuka mengakui DIA sebagai satu-satunya Juruselamat sepenuhnya (Baptist Bible Fellowship, Articles of Faith, 1950).

Continue reading

Keanggotaan Jemaat Lahir Baru dalam Bahaya!

diterjemahkan dari: https://www.baptistdistinctives.org/resources/articles/regenerate-church-membership-in-peril/
William Roscoe Estep, BaptistWay Press 1997
Sekilas penulis:
Estep, dijuluki juga “pakarnya pakar”, adalah profesor sejarah di Southwestern Baptist Theological Seminary sejak 1954 bahkan setelah pensiun pada tahun 1990 pun masih tetap mengajar. Estep terutama fokus pada subyek sejarah Anabaptis, kebebasan beragama dan pekerjaan misi. Temannya, James Leo Garrett mengatakan dia adalah satu dari empat pakar Anabaptis di abad 20. Estep sudah menulis beberapa buku sejarah Gereja

Efesus 5:5. Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah.

Mengharapkan idealnya suatu jemaat yang terdiri dari orang-orang percaya terus muncul dalam pengakuan iman. Teolog baptis, pastor dan pemimpin lainnya sepanjang sejarah terus memegang teguh model suatu persekutuan jemaat yang sudah lahir baru. Ini adalah idealnya. Tetapi bagaimana kenyataannya?

Adakah bukti penurunan jumlah anggota yang lahir baru dalam jemaat?

Sejarahwan baptis terkemuka, William R. Estep mengatakan “Gereja Baptis di Amerika sedang dalam bahaya kehilangan keteguhan mereka menuntut jemaat yang lahir baru.”
Continue reading

Bagaimana Pastor Menerima Koreksi

(terjemahan https://www.wayoflife.org/reports/how-the-preacher-receives-correction.php )

Dalam laporan ini saya bicara mengenai bagaimana Pastor menerima nasihat, teguran, koreksi dan kritik yang membangun. Saya tidak sedang membahas mengenai dakwaan terhadap Pastor. Hal ini diatur dalam 1Tim 5:17-20. Dan ini tidak dilakukan oleh satu individu; tetapi dihadapan 2 atau 3 orang saksi. Tetapi itu bukan subyek laporan ini.

Menjadi anggota tim

Agar seorang pengkotbah mau menerima teguran baik dan kritik dengan baik dan efektif, dia harus melihat dirinya sebagai anggota tim. Jika dia mempunyai pikiran Diotrefes, dia tidak akan menerima kritikan bahkan dari seorang rasul Tuhan (3yoh9-11) Dan karena tubuh yang berdosa, sangatlah mudah mempunyai pikiran Diotrefes. Baik pengkotbah muda maupun pengkotbah tua bisa mempunyai pikiran ini.

Seorang Pastor PB adalah seorang gembala, bukan seorang tuan (1 Pet 5:1-4). Dia bukan pemilik domba. Domba adalah milik Tuhan, bukan milik manusia. Sang Gembala Agung sudah membeli domba-domba dengan darahNya sendiri dan memerintahkan setiap pastor seperti Dia memerintah Petrus: “gembalakanlah domba-dombaKu” (Yoh 21:16-17) Setiap pastor akan bertanggungjawab kepada Sang Gembala Agung. Continue reading

Pembahasan Alkitab Perjanjian Baru : 1Korintus 16

Pembahasan Alkitab, Perjanjian Baru : 1Korintus

1Korintus 16

Beli! | Download

Pembahasan Alkitab Perjanjian Baru : 1Korintus 15

Pembahasan Alkitab, Perjanjian Baru : 1Korintus

1Korintus 15

Beli! | Download

Older posts
Stats